Minggu, 25 November 2012

KELAINAN DAN PENYAKIT PADA SISTEM PENCERNAAN



KELAINAN DAN PENYAKIT PADA SISTEM PENCERNAAN
            Kelainan dan penyakit pada system pencernaan dapat di sebabkan oleh beberapa hal,seperti pola makan yang salah,adanya mikroorganisme penyebab penyakit masuk ke dalam tubuh melalui perantara makanan,serta adanya kelainan pada onrgan pencernaan.
            Mikroorganisme penyebab penyakit akan masuk ke dalam tubuh melalui tiga cara,yaitu sebagai berikut:
1.      Mikroorganisme masuk melalui bahan makanan yang masih mentah,seperti bakteri Salmonella dan Clostridium botulinum. Salmonella akan mati jika makanan tersebut dimasak pada temperatur yang cukup tinggi,sedangkan Clostridium botulinum yang terdapat di dalam makanan akan tetap menghasilkan racun karena bakteri ini tidak akan mati meskipun bahan makanannya dimasak pada temperature yang cukup tinggi.
2.      Mikroorganisme masuk bersama bahan makanan atau minuman tercemar.Conoh,bahan makanan atau minuman tercemar Entamoeba coli.
3.      Mikroorganisme masuk karena kurang menjaga kebersihan,seperti peralatan masak tidak di cuci bersih serta tangan yang tidak dibersihkan dulu sebelum makan.Kelainan atau penyakit yang timbul akibat adanya mikroorganisme yang masuk kedalam bahan makanan antara lain keracunan atau disentri.


     Cara-cara  untuk menghindari keracunan antara lain sebagai berikut:
1.      Peralatan masak dan peralatan makan yang akan digunaknan harus dalam keadaan bersih.
2.      Memasak makanan dengan sempurna.
3.      Jika makanan (buah dan sayur) yang akan dimakan mentah,sebaiknya sebelum dimakan dicuci terlebih dahulu.
4.      Sebelum membeli dan memakan makanan sebaiknya periksa dahulu tanggal kadaluarsanya.
5.      Makanan yang sudah berubah rasa,warna,dan baunya tidak boleh dimakan.
6.      Makananan sebaiknya disimpan pada alat makan yang ada tutupnya sehingga terhindar dari lalat dan mikroorganisme pathogen (kuman penyakit) yang terdapat di udara.
7.      Yang terpenting biasakan cuci tangan terlebih dahulu dengan menggunakan sabun sebelum makan.

Selain keracunan mikrooganisme dan disentri,terdapat juga kelainan dan penyakit pada system pencernaan,di antaranya sebagai berikut:

1.     Sembelit (Susah Buang Air Besar)
Tanda-tanda sembelit adalah buang air besar tidak lancer karena feses menjadi keras dan kering,serta sering sakit kepala.Sembelit disebabkan karena kurang mengonsumsi makanan berserat sehingga kekurangan zat selulosa.Pada umumnya sembelit sering terjadi pada orang yang kerjanya banyak duduk,orang yang suka menahan waktu ingin buang air besar,dan orang yang menderita kanker atau tumor usus.
2.     Gondogan
Parotitis disebabkan oleh virus yang menyerang kelenjar ludah sehingga bengkak dan membesar.Kelenjar ludah yang diserang oleh virus tersebut terletak tepat di bagian telinga.Cara untuk mengatasi parotitis adalah dengan mengonsumsi vitamin C.
3.     Kolik
Merupakan salah cerna yang mengakibatkan rasa nyeri karena mengonsumsi makanan yang merangsang lambung seperti alkohol dan cabai.
4.     Hernia
Hernia merupakan penyakit akibat robeknya lapisan dalam dindingf perut di daerah pangkal paha,sehingga terjadi pembengkakan yang berasal dan lepasanya lingkaran usus menyebabkan terjadinya tonjolan pada daerah yang robek tersebut.Cara untuk mengatasinya adalah dengan cara operasi.
5.     Tukak Lambung
Tukak lambung merupakan rasa nyeri pada bagian lambung karena adanya gesekan pada dinding lambung  dan usus halus akibat dari produk asam lambung (HCI) yang berlebihan.
6.     Xerostomia
Xerosromia merupakn penyakit yang menyerang rongga mulut sehingga mulut menjadi kering serta proses pencernaan makanan tidak sempurna.Penyakit ini menyebabkan produksi  air liur menurun.
7.     Apendisitis
Apendisitis merupakn penyakit karena terjadinya peradangan pada umbai cacing (apendiks).Jika dibiarkan maka apendisitis akan menyebabkan terjadinya peradangan pada selaput rongga perut.

                                                     Penulis : Arieq Anggoro

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar