Minggu, 25 November 2012

5 Penyakit yang Mudah Menyerang Anak-Anak


Anak-anak merupakan kelompok yang masih rentan terhadap penyakit, mengingat kekebalan tubuhnya yang belum sekebal orang dewasa.  Dan diantara sekian banyak penyakit yang bisa menyerang mereka, terdapat 5 jenis penyakit yang paling mudah menjangkiti anak-anak, baik di rumah, di sekolah, ataupun di tempat penitipan anak.
1. Pilek
Anak-anak biasanya memiliki periode enam sampai sepuluh tahun masa-masa terserang pilek yang cenderung parah dan berlangsung cukup lama dibandingkan dengan orang dewasa. Kabar baiknya adalah bahwa Andaataupun anak Anda biasanya sudah bisa sembuh dalam waktu sekitar seminggu. Apabila gejala ini masih belum sembuh juga dalam waktu itu, maka sebaiknya bawalah anak anda ke dokter untuk memastikan bahwa dia tidak terserang infeksi bakteri di paru-paru, sinusitis, atau infeksi di telinga.


2. Flu Perut (Gastroenteritis)
Gastroenteritis, Radang lambung dan usus (bahasa Inggris: gastric flu, stomach flu) adalah suatu jenis peradangan yang terjadi pada saluran pencernaan, terutama pada lambung dan usus kecil, dan mengakibatkan diare akut.
Peradangan dapat disebabkan oleh paparan makanan dan air yang terkontaminasi, atau oleh infeksi beberapa jenis virus atau bakteri, parasit dan efek samping dari diet berlebih dan pengobatan. Penyakit ini menyebabkan dehidrasi dengan tanda-tanda yang meliputi : haus berlebihan, mulut kering, lamah atau lesu berat, mual atau muntah.
3. Infeksi Telinga
Infeksi telinga tengah sering terjadi pada bayi dan anak-anak antara usia 4 bulan sampai 5 tahun. Kebanyakan anak mengalami satu kali infeksi telinga pada saat mereka sudah berumur 3 tahun. Sulit untuk membedakan antara infeksi telinga yang disebabkan oleh bakteri dan yang disebabkan oleh virus. Untuk anak-anak yang sehat di atas usia 6 bulan, mewaspadainya merupakan pilihan bijak guna mendeteksi kemungkinan penyakit ini. Jika anak mengalami infeksi telinga berulang, gangguan pendengaran atau kondisi kesehatan lainnya, segera periksakan ke dokter anak untuk terapi yang paling tepat.
4. Sakit Mata Konjungtivitis
Konjungtivitis adalah peradangan dari selaput yang menutupi bagian putih mata dan garis permukaan bagian dalam kelopak mata. Bila disebabkan oleh virus atau bakteri, akan sangat menular. Tanda dan gejala penyakit ini biasanya meliputi : mata kemerahan dan atau gatal, baik pada satu mata atau keduanya, penglihatan agak kabur, peka terhadap cahaya, dan kadang seperti tergores.
5. Sakit Tenggorokan
Gejalanya biasanya berupa sakit saat menelan, yang biasanya efek lain dari infeksi virus seperti pilek atau flu. Sakit tenggorokan biasanya hilang sendiri dalam beberapa hari. Hanya sebagian kecil jenis sakit tenggorokan yang benar-benar akibat radang tenggorokan. Radang tenggorokan yang paling umum biasanya terjadi pada anak-anak berusia antara 5 sampai 15 tahun, walaupun tetap saja dapat mempengaruhi orang dari segala usia. Saat menelan akan sangat menyakitkan sehingga bisa menyebabkan anak Anda kesulitan makan. Antibiotik diperlukan untuk mengobati radang tenggorokan.
Terlepas dari apapun penyakitnya, hal yang paling penting yang harus ditekankan kepada anak-anak untuk mencegahnya adalah dengan mencuci tangannya dengan cermat. Meskipun anda melakukan upaya-upaya terbaik, suatu saat anak Anda tetap akan mengalami sakit – dan ini merupakan sesuatu yang sangat wajar terjadi – terlebih pada saat-saat pertama mereka kontak dengan kelompok besar anak-anak seperti di sekolah ataupun tempat penitipan anak. Namun demikian anda tidak usah terlalu khawatir, bagaimanpun pada akhirnya mereka akan memiliki kekebalan yang terus meningkat seiring bertambahnya usia mereka. Anak usia sekolah secara bertahap akan menjadi lebih tahan terhadap penyakit-penyakit ringan di atas dan bisa segera pulih dalam waktu yang relatif lebih cepat.

Sumber : http://www.orangtua.org/2011/05/13/5-penyakit-yang-mudah-menyerang-anak-anak/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar