Selasa, 11 Desember 2012

Tentang Penyakit Liver


Tentang Penyakit Liver

Penyakit Liver merupakan penyakit hati. Penyebab dari penyakit liver bisa berasal dari infeksi oleh parasit dan virus. Hingga saat ini dikenal 8 jenis virus hati. virus yang paling jahat adalah virus Hepatitis B (HVB) dan Hepatitis C (HCV). Sedangkan ujung dari hepatitis adalah cirrhosis. Liver yang cirrhosis selnya berubah menjadi jaringan ikat tidak bisa pulih atau normal lagi, sehingga menurun fungsinya. Lain halnya jika cirrhosis-nya pada seluruh bagian liver bisa menyebabkan liver lumpuh dan berakhir dengan gagal liver.  
 
# GEJALA PENYAKIT LIVER
Selain fungsi liver yang menurun, hampir semua peradangan liver menimbulkan gejala kuning. Ini tergantung pada penyebab, gejala serta tanda penyertanya yang tidak sama. Jika disebabkan oleh infeksi, pasti akan disertai demam, nyeri kepala. lesu, dan lemah. Selain itu, keluahan mual dan muntah juga selalu menyertai penyakit liver ini. Bila diperhatikan, kulit dan bagian putih pada mata akan tampak kuning, begitu juga dengan air seni yang akan berubah menjadi berwarna seperti teh. 
Selain semua gejala diatas, biasanya juga ada rasa tidak enak di perut bagian kanan atas dan terasa nyeri kalau ditekan. Satu hal yang harus diperhatikan, bahwa tidak semua penyakit liver akan  menyebabkan gejala kuning pada kulit dan bagian putih pada mata.
 
# MENCEGAH PENYAKIT LEVER
Walaupun termasuk sebagai penyakit yang sulit diobati, penyakit lever bisa dicegah. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit lever:
  • Menjaga kebersihan diri dan lingkungan, menggunakan air bersih dan mengatur saluran pembuangan yang baik
  • Konsumsi makanan sehat dengan kandungan gizi seimbang dan terjaga kebersihannya sehingga terhindar dari resiko terkontaminasi kuman. Prinsip kebersihan dimulai dari pemilihan bahan, pencucian, dan pengolahan bahan
  • Hindari makanan berjamur dan kacang tengik karena biasanya mengandung aflatoksin yang menyebabkan kerusakan hati
  • Hindari menggunakan barang - barang pribadi seperti: pisau cukur, gunting kuku, dll secara bersamaan untuk menghindari penularan virus penyakit lever
  • Tidak sembarangan minum obat dan menghindari penggunaan obat yang berlebihan karena jika tidak tepat bisa meracuni hati
  • Hindari gaya hidup yang menyimpang
 # MENGOBATI PENYAKIT LIVER
Penyakit liver, terutama jenis Hepatitis A umumnya bisa sembuh sendiri tanpa pemberian obat. Hanya diperlukan istirahat yang cukup. Lain halnya dengan Hepatitis B dan C yang memerlukan pengobatan untuk bisa sembuh. Biasanya dokter akan memberikan suntikan interferon (interferon Alpha) selama 6 - 12 bulan. Pada Hepatitis B, pemberian interferon akan lebih baik hasilnya jika digabung dengan Lamivudine (virus supressor) atau dengan Famciclovir. Sedangkan untuk Hepatitis C, interferon digabung dengan Ribavirin.

Sumber :http://carapedia.com/tentang_penyakit_liver_info2313.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar